:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Rabu, 28 September 2011

Evaluasi Ramadhan Dan Program Kerja

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah melewati hiruk pikuk kegiatan Ramadhan dan Idul Fitri 1432 Hijriyah, Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan kembali rapatkan barisan pada Sabtu, 24 September 2011.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk rapat tersebut diantaranya membahas evaluasi kegiatan ramadhan dan beberapa program kerja yang sedianya akan dilaksanakan selama Tahun 2011 dan 2012 sampai menjelang Ramadhan 1433 Hijriyah.

Rapat yang dipimpin Ketua Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan, Andi Yahya, itu membahas beberapa agenda diantaranya program yang telah berjalan selama ini akan tetap dilaksanakan sebagai bagian dari pembinaan kader diantaranya adalah kegiatan rutin Tadarus Al Qur’an setiap malam Ahad bakda Shalat Maghrib. Kegiatan lain yang bersifat rutin yaitu Kajian Keislaman setiap 2 (dua) minggu sekali serta kurvey (kerja bakti) setiap 2 (dua) minggu sekali.

Selain itu agenda rutin lainnnya yaitu pembuatan Kalender 2012. Sebagaimana tahun sebelumnya, pembuatan kalender juga dimaksudkan sebagai sarana penggalangan dana guna menambah kas Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan.

Kegiatan Hari Besar Islam yang paling dekat yaitu Pelaksanaan Idul Adha 1432 Hijriyah walaupun secara sekilas juga dibahas. Beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya format kegiatan.

Memang, kegiatan rutin yang dilaksanakan sengaja dibuat sesederhana mungkin. ”Kegiatan rutin tidak perlu muluk. Dengan beberapa kegiatan yang telah direncanakan, asal bisa terlaksana itu sudah luar biasa”, kata Aan, Direktur Taman Pendidikan Al Qur’an yang juga turut hadir dalam kesempatan itu.

Sementara itu, kegiatan yang sifatnya insidentil akan tetap dilaksanakan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Semoga program kerja yang sederhana tersebut dapat terlaksana dengan baik. Substansi pelaksanaan dan kualitas penyelenggaraan, itu yang terpenting dalam rangka kesinambungan pembinaan kader dan pembentukan generasi qur’ani di lingkungan Masjid Al Hikmah Toyan. *[adm]
Referensi : Generasi Muda Asset | Masjid Pusat Pergerakan

Selengkapnya → Evaluasi Ramadhan Dan Program Kerja

Jumat, 16 September 2011

TPA Perdana, Setelah Libur Idul Fitri 1432 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah libur selama 2 (dua) minggu paska Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah, Selasa, 13 September 2011 (TPA) Taman Pendidikan Al Qur’an laksanakan pembelajaran.

Walaupun jam dinding telah menunjukkan pukul 16.00 WIB lebih, namun serambi masjid masih tampak lengang. Kurang lebih 15 santri yang tampak sudah hadir, menunggu rekan-rekan mereka yang lain. ”Dari sebelum libur hari raya Idul Fitri 1432 Hijriyah, sebenarnya telah diumumkan kapan santri harus masuk lagi”, kata Aan, Direktur Taman Pendidikan Al Qur’an Al Hikmah.

Lebih lanjut Aan menambahkan, hal itu dinilai wajar karena beberapa santri yang sudah hadir mengatakan bahwa mereka lupa tentang kapan harus masuk TPA lagi. Dengan santri yang masih belum optimal dalam hal kehadiran, namun pembelajaran sore itu tetap dilaksanakan.

Sedianya, kegiatan rutin yang telah dilaksanakan seperti layaknya sebelum puasa akan tetap diteruskan, seperti menabung misalnya. Dan berharap, semoga selepas Ramadhan 1432 Hijriyah ini kegiatan di lingkungan Masjid Al Hikmah Toyan semakin bagus, tertata dan terkonsep sebagai bagian dari penciptaan masjid sebagai pusat pergerakan dan pembinaan kader. Aamiin, semoga. *[adm]
Referensi : Masjid Pusat Pergerakan | Idul Fitri Sebagai Momentun Perbaikan

Selengkapnya → TPA Perdana, Setelah Libur Idul Fitri 1432 Hijriyah

Rabu, 14 September 2011

Perhitungan Infak Idul Fitri 1432 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sabtu, 03 September 2011 atau 05 Syawal 1432 Hijriyah, selepas Shalat Ashar bertempat di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan dilaksanakan perhitungan infak Idul Fitri.

Berbeda dengan pelaksanaan rapat sebelumnya, pada rapat kali ini fungsionaris PPSI (Panitia Penyelenggara Shalat Ied) Jembatan Timbang Kulwaru mengambil inisiatif untuk melaksanakan rapat pada sore hari. Hal ini didasarkan atas pertimbangan supaya anggota PPSI yang hadir dapat maksimal, terutama bagi yang putri.

Hal ini disampaikan Kusuma, Sekretaris PPSI disela-sela perhitungan Infak Shalat Idul Fitri 1432 Hijriyah. ”Selama ini, jika pelaksanaan rapat baik persiapan, perhitungan infak maupun evaluasi selalu dilaksanakan malam hari bakda Shalat Isya, sehingga anggota yang putri tidak dapat hadir”, jelas Kusuma.

Lebih lanjut Kusuma menambahkan, bahwa langkah itu disambut positif oleh anggota PPSI, dibuktikan dengan rapat yang dilaksanakan sore itu anggota yang hadir juga banyak tidak seperti biasanya yang hanya didominasi oleh anggota laki-laki.

Sementara itu, setelah diadakan perhitungan jumlah infak pelaksanaan Idul Fitri 1432 Hijriyah yang terkumpul adalah sejumlah Rp. 9.353.800. Selanjutnya dari dana tersebut, setelah diadakan kesepakatan, akan disalurkan kepada masjid dan mushalla anggota PPSI sejumlah Rp. 9.000.000. Sedangkan sisa infak ditambah dengan kas yang ada, akan dipergunakan sebagai persiapan Shalat Idul Adha 1432 Hijriyah yang akan datang.

Pada kesempatan itu pula dilaksanakan evaluasi terhadap pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1432 Hijriyah. Secara umum penyelenggaraan Shalat Idul Fitri Tahun 1432 Hijriyah berjalan lancar dan tanpa kendala berarti. Namun ada beberapa hal yang harus disikapi dan dibenahi untuk perbaikan penyelenggaraan Shalat Ied di masa mendatang, diantaranya terkait koordinasi dengan pihak keamanan.

Dengan adanya fungsionaris PPSI yang sudah tidak aktif karena kesibukan, dalam rapat pada sore tersebut juga dilaksanakan resuffle pengurus. *[adm].
Referensi : Persiapan Shalat Idul Fitri 1432 H | Momentum Peningkatan Diri

Selengkapnya → Perhitungan Infak Idul Fitri 1432 Hijriyah

Jumat, 09 September 2011

1 Syawal 1432 Hijriyah Al Hikmah Laksanakan Halal Bil Halal

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Selepas Shalat Idul Fitri 1432 Hijriyah di Komplek Jembatan Timbang Kulwaru, kurang lebih Pukul 08.00 WIB, Keluarga Besar Masjid Al Hikmah Toyan laksanakan Halal Bil Halal.

Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun itu diikuti seluruh jamaah, baik yang berdomisili di Toyan maupun jamaah dan keluarga yang sedang melaksanakan mudik pulang ke kampung halaman. Pemandangan yang jarang terjadi, dimana jamaah yang hadir memenuhi komplek masjid. Mulai dari ruangan utama, serambi masjid sampai dengan halaman masjid.

Kegiatan halal bil halal diisi dengan sambutan oleh Iswandi, selaku wakil dari generasi muda, sambutan dari ketua takmir, laporan penyelenggaraan kegiatan selama ramadhan dan ikrar syawalan. Kegiatan diakhiri dengan jabat tangan antar seluruh jamaah yang hadir. Dalam kesempatan itu pula dibagikan stiker sebagai kenang-kenangan. *[adm]
Referensi : Halal Bil Halal 1431 Hijriyah

Selengkapnya → 1 Syawal 1432 Hijriyah Al Hikmah Laksanakan Halal Bil Halal

Kamis, 08 September 2011

Jadikan Idul Fitri Sebagai Momentum Peningkatan Diri

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Selasa, 30 Agustus 2011, Pukul 07.00 WIB bertempat di Komplek Jembatan Timbang Kulwaru dilaksanakan Sholat Idul Fitri 1432 Hijriyah dengan Iman dan Khatib Ustadz M. Sigit Prasetyo.

Dalam Khutbahnya Sigit menjelaskan bahwa, setelah ditempa selama kurang lebih 1 (satu) bulan dalam Ramadhan 1432 Hijriyah ini, diharapkan masing-masing pribadi dapat bermuhasabah, mencari kekurangan diri untuk kemudian dapat memperbaiki diri pada kesempatan selanjutnya.

Lebih lanjut Sigit menambahkan, tentang pentingnya peningkatan kualitas diri. Khususnya dalam hal kualitas beribadah kepada Allah SWT. Ibadah-ibadah yang selama Ramadhan telah dilakoni dengan baik dan rutin, seyogyanya dipertahankan bahkan ditingkatkan.

”Ramadhan adalah tempat manusia yang beriman ditempa dengan dengan berbagai macam ibadah dan amaliyah”, kata Sigit.

Setelah ramadhan, dengan kesucian yang telah didapat, mampukah kita mempertahankan fitrah tersebut dalam 11 (sebelas) bulan lainnya. Ataukah kita akan kembali kepada perilaku-perilaku yang menyimpang dari norma dan ajaran Islam.

Semoga kita semua digolongkan oleh Sang Maha, ke dalam golongan orang beruntung dan istiqomah di jalan-Nya. *[adm]
Referensi : 10 Hari Pertama | 10 Hari Terakhir

Selengkapnya → Jadikan Idul Fitri Sebagai Momentum Peningkatan Diri

Rabu, 07 September 2011

Ketupat Di Malam Lebaran 1432 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Tak lengkap rasanya kalau Hari Besar Islam yang satu ini dilewati tanpa makanan yang satu ini. Acara kupatan, layaknya tahun sebelumnya tetap dilaksanakan sebagai sebuah tradisi.

Rapat persiapan kupatan sendiri telah dilaksanakan pada Hari Selasa, 23 Agustus 2011 dan diikuti kurang lebih 30 anggota Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan. Rapat sekaligus mengagendakan acara Khataman Al Qur’an, Kupatan dan Takbiran.

Guna menindaklanjuti rapat dimaksud, Ahad, 28 Agustus 2011, selepas Shalat Tarawih dilaksanakan pembuatan wadah ketupat. Adapun ketupat yang dibuat direncanakan sejumlah 300 buah. “Pembuatan ketupat direncanakan sama dengan tahun kemarin yaitu 300 buah“, kaya Andi Yahya Ketua Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan.

Pelaksanaan kupatan sendiri dilaksanakan pada malam Idul Fitri versi Muhammadiyah yaitu pada tanggal 29 Agustus 2011 bakda Shalat Isya’. Seusai acara kupatan, kegiatan disambung dengan takbir keliling dengan menggunakan 2 (dua) buah kendaraan truk, 2 (dua) buah mobil pick up dan puluhan sepeda motor.

Takbir keliling sebagaimana dimaksud mengambil rute diantaranya Toyan, Ngestiharjo, Jetis, Sogan, Demen, Kedundang, Tawangsari, Masjid Agung Wates, Alun-alun Wates, Karangnongko, Nagung, Bendungan dan berakhir pada Pukul 23.00 di Masjid Al Hikmah Toyan. *[adm]
Referensi : Kupatan | Takbiran

Selengkapnya → Ketupat Di Malam Lebaran 1432 Hijriyah

Selasa, 06 September 2011

Pengelolaan Zakat, Infak, Shadaqah 1432 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Senin, 29 Agustus 2011, mulai pukul 08.00 WIB, bertempat di Serambi Masjid Al Hikmah Toyan dilaksanakanan Penerimaan Zakat, Infak, dan Shadaqah 1432 Hijriyah.

Setelah selama kurang lebih 1 (satu) bulan melaksanakan puasa, zakat fitrah berupa makanan pokok sebanyak 2,5 Kg menjadi sebuah akhir/penutup ibadah puasa ramadhan. Adapun zakat fitrah yang dikelola pada tahun ini adalah sejumlah 550 Kg yang kemudian dibagikan kepada 44 Mustahiq yang ada dilingkungan Masjid Al Hikmah Toyan.

Sementara itu, penerimaan infak subuh yang biasa dilaksanakan bakda pelaksanaan Shalat Subuh atau bersamaan dengan tausyiah subuh selama ramadhan, diperoleh dana sejumlah Rp. 3.167.400,-. Sedianya dana infak subuh tersebut akan dimanfaatkan untuk perbaikan fisik masjid.

Disisi lain, shadaqah yang masuk dan dikelola pada ramadhan 1432 Hijriyah tahun ini sejumlah Rp. 415.000,-. Sebagian dana yang ada, dimanfaatkan untuk pembinaan generasi muda dan kader, yang diwujudkan dengan pemberian uang saku Remaja Islam Masjid dan Santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).

Hal itu juga dimaksudkan, untuk melengkapi kegembiraan menjelang berakhirnya ramadhan. ”Sekedar sedikit uang tambahan, untuk sangu lebaran”, kata Aan, Direktur TPA Al Hikmah.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, besaran uangnya memang tidak banyak. Hanya sekedar uang saku sebagai penambah motivasi dan penambah kegembiraan lebaran. *[adm]
Referensi : Pengelolaan ZIS | ZIS 1431 Hijriyah

Selengkapnya → Pengelolaan Zakat, Infak, Shadaqah 1432 Hijriyah